Senin, 18 Januari 2016

Vektor

Buat rangkuman lagi nih. Tentang Vektor yang ada di fisika. Ini nih, sebenernya seru dan mudah kalau kalian hafal yang namanya keluarga SOH CAH TOA. Alias kalian hafal sama yang namanya Sin dan Cos dan kalian juga harus inget kalau Sin 37 derajat sama sin 53 derajat itu berapa. Soalnya kata Mis. Vivi, itu yang biasanya keluar. Hehe

Sebelum ke vektor, Udah tau belom, vektor itu apa? Jangan-jangan Vektor adalah nama teman sekelasmu lagi >.< Hadoh, bukan. Jadi Vektor itu, menurut buku yang berpedoman KTSP dengan branded product Platinum.

Vektor adalah garis-garis yang mempunyai besaran panjang atau pendek serta arah. Nah biasanya vektor itu digunakan untuk menaggambarkan kuantitas-kuantitas fisika seperti kecepatan dan gaya sehingga biasa dilambangkan oleh garis yang terbentuk anak panah yang terkadang panjang dan kadangkala pendek.

Mengerti ga? Ya udah, kalau enggak ngerti.. Ditelan aja dulu mentah-mentah. Hehe,

Jadi vektor itu ada banyak. Dan ini


Pejumlahan ini lebih mudah. Karena jika dia searah maka dengan penambahan. Sedangkan untuk penjumlahan yang arahnya berbeda atau berbanding terbaik. maka tinggal dikurang saja. 

Lalu, untuk menentukan resultan vektor menggunakan rumus kosinus.. Seperti yang ada di sini:

  

Kalau untuk contoh soal dan pembahasannya. Silahkan dinikmati materinya! 



 Salam,
Indah F

Tidak ada komentar:

Posting Komentar