Senin, 18 Januari 2016

Bilangan Kuantum


Mulai sekarang, Indah akan coba berlari. Lho Ndah, emang dikejar-kejar apa? Jadi intinya Indah dikejar deadline buat bisa melengkapi nilai di SMA kelas 10 ini. Dan kali ini, Indah bakal muat tugas-tugas Indah di blog ini. Semoga aja ada manfaatnya buat kalian juga. Kali ini, Indah sebut sebagai "Belajar sambil beramal". Hehehe
 Kali ini, kita belajarnya KIMIA. Kita mulai dari KUANTUM di kelas 10 semester satu ya.

Belajar itu emang gak enak kalau gak dari awal.. Makanya kita ke awalnya dulu ya. Sebenernya apa sih itu bilangan kuantum? Kalau menurut yang Indah ambil dari blog http://www.ilmukimia.org/ mengatakan kalau kuantum itu:

Bilangan kuantum adalah suatu nilai yang menjelaskan kuantitas kekal dalam sistem dinamis. bilangan kuantum menggambarkan sifat orbital dan elektron dalam orbital

Bilangan kuantum menentukan tingkat energi utama atau jarak dari inti, bentuk orbital, orientasi orbital, dan spin elektron. Setiap sistem kuantum dapat memiliki satu atau lebih bilangan kuantumnya.

Gambar1.1

Kayak apa sih? Nah jadi, elektron itu seperti yang ada di gambar 1.1 (sok kayak di buku gitu), sob. Elektron ini yang berputar seperti yang berwarna putih pada gambar 1.1. Dan elektron ini berada pada orbitnya. Yaitu orbital kita sebut.

Terus, orbital itu apa sih?

Ruang di manaa kalian bisa menemukan elektron berada di situ. Jadi  orbital adalah daerah.

Nah Sob, tau ga, kalau ternyata itu Bilangan Kuantum sudah lama melahirkan empat anak. Nama anak pertamanya itu:

1. UTAMA

Yaitu, tingkatan energi keseluruhan
-Kita mengstilahkannya sebagai  "kulit".  Ibaratnya seperti bawah. bawang. ada kulit-kulitnya gitu deh, guys.

Iya, kan? Jadinya kayak kulit dalam kulit gitu.
Mirip kan? Mereka emang anak yang tertukar :P
Lalu, Gunanya Kuantum utama itu untuk mengetahui atom itu punya berapa banyak kulit. Nantinya, kesimpulannya adalah Semakin besar kulit atom maka semakin besar Jumlah atomnya.

Bilangan kuantum utama disimbolkan dengan huruf n = 1, 2, 3...




 

Terus anak keduanya, mereka beri nama dengan:

2.AZIMUTH

Ini yang lebih spesifik,  tingkatan yang berada di sub kulitnya. Kalau ibaratnya ada gedung yang punya tingkat. Tapi ternyata di setiap tingkat ada banyak kamar. Nah, kamar itulah yang disebut dengan Azimuth.  Karena dia adalah sub kulitnya.

Jenis dari sub kulit. Dan setiap atom mempunyai subkulit yang berbeda-beda.
simbolnya L dan nilainya, mulainya dari 0 (Kayak mas-mas yang jaga pom bensin, "Mulai dari 0 ya pak!")


Sssttt.. Jangan bingung ya lihatnya. Ternyata sub kulit atau kamar diberikan nama. Yaitu jika 0 namanya s, kalau 1 namanya p, dan seterusnya. Karena kita masih SMA, kita cukup belajar samapi f aja ya! Jadi itu dikasih nama. Inget aja Surat  dengan format PDF. Hehehe

Terus aku kenalkan dengan anaknya yang ketiga namanya:

3. MAGNETIK

Niha ada lagi nih, Yaitu magnetik.  Semoga dengan yang kalian lihat di bawah ini terbukanlah pemikiran kalian. Hehehe, nih dilihat dulu ya..
CAUTION! Ayo diperhatikan ya.
Ihh, apa sih Ndah maksudnya? Tenang-tenang, jangan ambil pusing dulu. Jadi kuantum magnetik itu nilainya m. Lihat kan? barisan kolom yang ketiga. Kalau:
subkulit s = 0
subkulit p = -1,0,+ 1
subkulit d = -2,-1,0,+1,+2
subkulit f = -3,-2,-1,0,1,2,3





Terus yang orbital itu apa sih? Tadi masih inget enggak apa orbital yang aku ketik di atas? Duh jangan bilang kalau kamu udah lupa. Ya udah, Indah copy-paste lagi nih tulisannya.

Terus, orbital itu apa sih?

Ruang di manaa kalian bisa menemukan elektron berada di situ. Jadi  orbital adalah daerah.
Kalian lihat 'kan kalau di sub kulit s ada satu angka, kalau di sub kulit p ada 3 angka. Nah jumlah orbit itu sesuai dengan jumlah angka yang ada pada bilangan kuantum magnetik. Coba kalian perhatikan kotaknya dan jumlah bilangan kuantum magnetik dengan seksama dan khidmat!

Lanjut ke si bungsu yang namanya orang Sunda banget deh!

4.SPIN




Ketika elektron berputar di orbital, elektron memiliki medan magnet tertentu. Terus karena namanya sesuai "SPIN" maka ini dibagi menjadi dua. Apakah si elektron ini berputar di orbital dengan searah jarum jam atau tidak?






Coba lihat, arah berputar mereka berbeda..

Bisa tidak searah jarum jam 
ms = +1/2

kalau searah
ms = -1/2

Bilangan kuantum Spim ini mencirikan, kemanakan arah elektron itu bergerak.

Sob, sampe sini aja dulu perkenalan kita. tentang bab kuantum. Semoga aja ada manfaatnya buat yang baca ini juga. Terus nanti, Indah bakal lanjutin buat ke bab konfigurasi Elektron dan sub-bab prinsip aufbau, aturan hund, larangan pauli, orbital penuh, spin.. Ya pokoknya begitulah ya. Disambung lagi nanti InsyaAllah :) Indah laper. Makan dulu yaaa

Salam manis,
Indah F

Tidak ada komentar:

Posting Komentar